ARTIKEL

Artikel - artikel ini bisa dibuat bahan belajar atau referensi dalam belajar pelajaran TI dan K

Minggu, 05 Juli 2009

MICROSOFT OFFICE WORD 2007

MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Microsoft Office Word 2007 adalah program aplikasi pengolah kata (word processor) dengan tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.
Buku Microsoft Office Word 2007 ini ditujukan untuk para siswa dan pemula pengguna komputer agar dapat mengenal, memahami, dan bisa memakai secara praktis program aplikasi Microsoft Word 2007.
Dalam penulisan buku ini, penulis berusaha memberikan materi, tiptrik yang terkait dengan materi, contoh kasus sederhana, dan soal latihan yang bisa diaplikasikan oleh para pembaca. Setelah mempelajari buku Microsoft Office Word 2007 ini, diharapkan pembaca dapat:

􀂃 Mengenal Microsoft Word 2007

􀂃 Mengelola Dokumen

􀂃 Memformat Karakter atau Teks

􀂃 Memformat Paragraf

􀂃 Membuat Paragraf Berbutir dan Bernomor

􀂃 Mengatur Format Halaman dan Mencetak Dokumen
Kata Pengantar
􀂃 Membuat dan Mengatur Tabel

􀂃 Menyisipkan dan Mengatur Objek

2
Memulai Word 2007
Program aplikasi Microsoft Word 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) terbaru dan tercanggih saat ini. Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada. Untuk memulai atau membuka program aplikasi Word 2007, ikuti langkah berikut ini:

Nyalakan komputer Anda, tunggu sampai computer menampilkan area kerja (desktop) Microsoft Windows XP
Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Server 2003, atau Microsoft Windows Vista. Klik tombol yang ada di taskbar. Pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.

Mengenal Ribbon Sebagai User Inteface
Baru pada Word 2007
Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti Menu, Toolbars, dan sebagian besar Task Panes yang ada di Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih
simpel dan efisien. Pengganti menu dan toolbars pada Word 2007 biasa disebut Ribbon, yang dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh Word 2007. Ribbon ini terdiri atas beberapa Tabs yang mengorganisasikan berbagai scenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Masing-masing tab terdiri atas beberapa Groups. Setiap group terdiri atas beberapa Tombol Perintah atau Command Buttons.

Jadi, Ribbon ini mempunyai fungsi dan isi yang sangat lengkap karena di dalamnya juga sudah mengandung menu, toolbars, tombol perintah (command buttons), galleries, dan kotak dialog.
Selain standard Tabs yang ada pada Ribbon, Word 2007 juga menyediakan Tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika Anda sedang memilih atau bekerja dengan objek seperti table, picture atau drawing. Semua Tab dan tombol perintah (Command Buttons) pada Ribbon selain dapat diakses menggunakan mouse, juga dapat diakses menggunakan tombol keyboard. Untuk itu ikuti langkah berikut ini: Tekan tombol Alt di keyboard. Dengan langkah ini, pada Ribbon akan ditampilkan KeyTips berupa angka atau huruf yang dapat digunakan untuk menjalankan Tab atau tombol perintah (Command Buttons).
2
Selanjutnya tekan angka atau huruf yang mewakili Tab atau tombol perintah (Command Buttons). Apabila Anda menekan huruf yang mewakili Tabs, berikutnya akan menampilkan KeyTips untuk Tab yang Anda pilih.

Mengenal Microsoft Office Button, Quick
Access Toolbar dan Dialog Box Launchers
Jendela kerja Word 2007 telah dilengkapi pula dengan Microsoft Office Button, Quick Access Toolbar, dan Dialog Box Launchers. Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja Word 2007 berfungsi untuk membuka menu. Quick Access Toolbar ditempatkan di kanan Microsoft Office Button yang berisi kumpulan tombol perintah yang relatif sering digunakan.

Dialog Box Launchers berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap Group pada masing-masing Tab. Dengan mengklik ikon Dialog Box Launcher tersebut, secara otomatis kotak dialog atau task pane yang terkait dengan Group tersebut akan dibuka.

Mengatur Konfigurasi Status Bar
Status Bar akan menampilkan berbagai informasi yang dirasakan perlu ketika Anda sedang bekerja dengan jendela kerja Word 2007.
Anda dapat mengatur konfigurasi Status Bar ini agar sesuai dengan kebutuhan, dengan cara mengklik tombol kanan mouse pada area Status Bar yang ada di bawah jendela kerja Word 2007. Dengan langkah ini, kotak dialog pemilihan isi Status Bar akan ditampilkan.

Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat Anda memulai program aplikasi Word 2007, jendela kerja secara otomatis akan menampilkan dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 dan siap Anda gunakan. Jika teks yang sedang Anda ketik melebihi atau melewati akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan titik sisip secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya (word wrap).

Gunakan tombol Enter, untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya jika Anda ingin memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong, atau memulai paragraf baru.

Memindahkan Posisi Titik Sisip
Untuk memindahkan titik sisip, arahkan dan klik penunjuk mouse yang menyerupai huruf I (I-beam) pada posisi baru yang Anda inginkan. Memindahkan titik sisip menggunakan tombol keyboard:
.
Memilih atau Menyorot Teks
Apabila Anda akan menyunting atau mengatur format tampilan sekumpulan teks, biasanya Anda harus memilih (menyorot) teks tersebut terlebih dahulu.
Selection bar, berupa daerah kosong di kiri daerah pengetikan teks. satu tombol panah.

Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini:
Pilih (sorot) teks yang akan Anda salin.
Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Copy
atau tekan tombol Ctrl+C.
• Untuk melakukan pemilihan (penyorotan) beberapa teks yang letaknya terpisah-pisah, lakukan pemilihan (penyorotan) teks sambil menekan tombol Ctrl di keyboard.
• Untuk memilih seluruh isi dokumen, gunakan Tab Home, dalam Group Editing, klik Select. Pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih dan klik Select All.
Tempatkan titik sisip di lokasi baru. Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Paste atau tekan tombol Ctrl+V.

Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini:
Pilih (sorot) teks yang akan Anda pindahkan. Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Cut atau tekan tombol Ctrl+X.
Tempatkan titik sisip di lokasi baru. Pilih Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Paste atau tekan tombol Ctrl+V.

Menggunakan Fasilitas Undo dan Redo
Jika Anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, Anda dapat membatalkan perintah yang telanjur telah diberikan tersebut. Misalnya Anda salah menghapus suatu teks, Anda dapat Anda akan lebih cepat memindahkan teks dengan cara menggeser mouse (Drag & Drop). Sedangkan bila Anda ingin menyalin teks, tekan tombol Ctrl pada saat melepas (drop) tombol mouse.
membatalkan penghapusan tersebut dengan mengklik Undo Typing yang ada di Quick Access Toolbar atau tekan tombol Ctrl+Z. Jika Anda pernah melakukan perintah Undo, maka perintah Undo tersebut dapat Anda batalkan dengan cara mengklik Redo yang ada di Quick Access Toolbar atau tekan tombol Ctrl+Y.

Mengakhiri Word 2007
Setelah Anda selesai bekerja dengan Word 2007, Anda dapat mengakhirinya menggunakan langkah berikut:
Simpan dokumen yang sudah Anda buat.Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau klik tombol Close yang berada di pojok kanan atas jendela kerja.
4

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda