ARTIKEL

Artikel - artikel ini bisa dibuat bahan belajar atau referensi dalam belajar pelajaran TI dan K

Minggu, 05 Juli 2009

PENGENALAN HARDWARE

PENGENALAN HARDWARE


Komputer telah banyak dimanfaatkan, baik oleh kalangan sekolah, instansi, hingga perorangan. Secara fisik, komputer mempunyai komponen-komponen yang disebut dengan hardware. Jenis hardware pada komputer tidak tertuju pada komponen yang ada di dalamnya saja, melainkan semua perangkat yang mendukung kinerja komputer.
Buku Pengenalan Hardware ditujukan untuk para siswa dan pemula pengguna komputer agar dapat mengenal,
memahami, dan dapat memanfaatkan hardware komputer yang akan digunakannya secara optimal.
Dalam penulisan buku ini, penulis berusaha memberikan materi dan soal latihan yang terkait materi secara langkah demi langkah, agar mudah dan cepat dipahami oleh pembaca.
Setelah mempelajari buku Pengenalan
Hardware, diharapkan pembaca dapat:

Mengenal Hardware Utama Perangkat Komputer

Mengenal Media Simpan.

Mengenal Hardware Multimedia.

Mengenal Hardware Bisnis dan Perkantoran.

Mengenal Hardware Jaringan Komputer.

Mengenal Hardware Koneksi Internet.

Mengenal Teknik-Teknik Optimasi Hardware.
Kata Pengantar
PENGERTIAN HARDWARE
Hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda). Jenis-jenis hardware pada Personal Computer (PC) , antara lain motherboard, hard disk, floppy, memory, dan lain-lain. Bukan hanya perangkat yang ada di dalam CPU (Central Processing Unit) saja yang disebut dengan hardware, perangkat di luarnya pun yang berhubungan langsung dengan komputer dapat disebut dengan hardware. Misal , perangkat yang sangat penting per annya dalam komputer adalah monitor, keyboard, mouse, printer, dan lain-lain. Perangkat-perangkat tersebut dalam istilah komputer disebut sebagai media masukan (input devices) dan media keluaran (output devices).

Tentu saja perangkat -perangkat tersebut mempunyai fungsi dan tugas masing-masing. Di antaranya adalah keyboard sebagai alat masukan data, monitor sebagai alat keluaran ditampilkannya data, hard disk sebagai media simpanan untuk data, dan lain -lain. Kerjasama antara masing-masing perangkat juga suda h diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah sistem komputer yang utuh dan be - kerja dengan baik. Tidak terbatas pada penggunaan perangkat PC saja , hardware dapat diklasifikasikan. Seiring dengan berkembangnya teknologi , maka semakin banyak pula hardware yang ditawarkan. Hal tersebut dapat dilihat pada perangkat -perangkat baru yang pada penggunaa nnya harus diintegrasikan dengan komputer, misalnya kamera digital, IRDA, dan bluetooth. Juga banyak perangkat komputer yang digunakan khusus untuk jaringan komputer (network) seperti Hub, Router, dan sebagainya. Hardware multimedia dan internet juga tidak kalah berkembang, seperti pada penggunaan surround speaker dan WebCam.

STRUKTUR DAN ALUR KERJA HARDWARE
Semua mesin pasti ada c ara atau prosedurnya untuk bisa berjalan dengan baik. Begitu juga dengan komputer yang merupakan alat/ mesin elektronik dan bekerja menggunakan tenaga listrik. Aliran tenaga listrik tersebut yang nantinya akan hidup (1) dan mati (0) sehingga terbentuklah bilangan binary (bin), yaitu 1 dan 0. Misal pada huruf A akan dikonversi menjadi bilangan binary , yaitu 1010, angka 2006 menjadi 11111010110, dan lain-lain.
Pada arsitektur komputer ada empat bagian utama yang bekerja sama antara satu dengan yang lain, yai tu ALU (Arithmetic and Logic Unit), Memory, Central Unit, serta Alat Input dan Output (I/O). Perhitungan aritmetik bilangan binary dilakukan pada ALU yang menghasilkan informasi alamat yang kemudian disebut dengan data. Setiap data tersebut kemudian dikirimkan pada memory dan disimpan untuk proses selanjutnya pada Control Unit. Dari control unit inilah yang akan mengatur tugas di antara bagian-bagian lain untuk mengorganisasi
kerja komputer secara optimal.

Proses jalannya komputer terdiri atas tiga bagian alur, yaitu input, process, dan output.
Pada tahap input, yaitu tahap masuknya data dari suatu alat input -an, di antaranya keyboard, mouse, dan lain -lain.

Pada tahap selanjutnya , yaitu tahap process atau proses, yaitu tahap di mana data dari alat -alat inputan diproses. Komponen untuk memproses data dalam komputer disebut CPU (Central Processing Unit) dengan komponen utamanya , yaitu Micropocessor atau biasa disebut dengan Prosesor.

Pada tahap yang terakhir (tahap output), yaitu suatu tahap di mana data pada tahap sebelumnya dikeluarkan. Bentuk data yang diperoleh dari tahap output adalah yang bisa ditangkap oleh indera penglihatan dan pendengaran. Alat output -an komputer yang hasilnya bisa dilihat oleh mata, yaitu monitor dan LCD proyektor, dan alat output yang
bisa didengar berupa suara , yaitu speaker. Input Proses Output

HARDWARE INPUT
Hardware Input merupakan segala sesuatu perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer , untuk selanjutnya diolah k e tahap proses. Data yang dimasukkan ke dalam komputer ada ber - bagai jenis, baik berupa huruf (character), angka (number), ataupun gambar (image). Tentunya perangkat yang disediakan ada berbagai jenis menurut fungsinya, misalnya keyboard untuk memasukkan data karakter dan angka, dan scanner untuk memasukkan data berupa gambar.

Keyboard
Keyboard merupakan alat inputan pada komputer dengan huruf –huruf alfabet, nomor, simbol, serta tombol -tombol fungsi seperti F1, F2, spasi, delete, dan lain -lain. Penggunaan keyboard sama seperti layaknya kita mengetik pada mesin ketik, yaitu menekan tombolnya satu per satu. Keyboard juga digunakan untuk melakukan fungsi
operasi suatu program yang istilahnya disebut dengan shortcut menggunakan kombinasi dua atau tiga tombol. Model keyboard ada bermacam-macam terutama dari faktor bahasa yang digunakan, seperti Cina, Jepang, dan lain -lain. Bentuk dari keyboard juga bervariasi dan dipilih karena kenyamanannya saat dipakai. Jadi, pemilihan dan penggunaan keyboard tergantung sele ra dan kebutuhan.

Metode koneksi pada keyboard sebagai media input komputer ada dua, yaitu menggunakan kabel dan metode nirkabel ( wireless). Pada keyboard yang menggunakan kabel , sering kita temui pada jenis komputer standar. Konektor atau port yang digunakan pada keyboard kabel ada dua jenis, yaitu jenis yang lama menggunakan serial port dan jenis kedua menggunakan PS -2. Pada jenis keyboard wireless , cara pemakaiannya sama dengan keyboard kabel, namun dari segi kepraktisan dan fleksibil itas saat memakai menjadi nilai plus tersendiri. Untuk dapat menggunakan keyboard wireless, diperlukan perangkat tambahan untuk konek - tivitasnya, juga memerlukan tenaga tersendiri untuk power –nya (bateray).

Setting keyboard pada Windows dapat dilakukan m enggunakan pengaturan keyboard pada kotak dialog Keyboard Properties seperti di bawah ini.
Jalankan pada Start - Control Panel pilih pada bagian Keyboard. Atur sedemikian rupa, baik kecepatan ataupun kursornya.

Mouse
Mouse merupakan teknologi alat ban tu inputan dari keyboard yang bekerja pada tampilan yang bersifat GUI (Graphical User Interfaces). Artinya, mouse hanya bisa digunakan bila tampilan bersifat grafis atau visual seperti penggunaan mouse pada Windows. Dinamakan mouse karena bentuknya mirip seperti tikus (mouse) yang mempunyai ekor yang diilustrasikan sebagai kabelnya. Dalam bahasa Indonesia , mouse
disebut juga dengan Tetikus. Jenis-jenis mouse secara umum ada dua , yaitu mouse ball dan mouse optical. Mouse ball merupakan mouse bentuk lama ya ng menggunakan bola sebagai penggerak atau sensornya. Dan mouse optical
merupakan mouse yang mempunyai sensor optik berupa cahaya merah. Sensor mouse optical ini bekerja dengan pantulan cahaya yang ditimbulkan dari alas mouse. Apabila alas berwarna rata , maka kursor mouse akan bergerak normal . Namun sebaliknya, jika warna mouse tidak rata atau alas yang berwarna -warni, maka kursor mouse akan bergerak loncat -loncat.

Pada umumnya, penggunaan mouse dilakukan dengan tiga cara, yaitu klik, shortcut, dan scroll. Klik digunakan untuk memilih sesuatu, baik tool, menu, ataupun ikon. Shortcut digunakan untuk mengambil jalan pintas memilih menu yang bisa digunakan. Scroll atau pemutar digunakan untuk memposisikan scrollbar atau halaman yang bisa naik dan turun, misalnya kita ingin melihat halaman di atas hanya dengan memutar scroll ke depan dan halaman sudah berganti. Sama seperti halnya dengan keyboard, pada mouse terdapat jenis koneksi mouse pada komputer menggunakan wireless. Untuk metode penggunaannya, sama dengan mouse biasa, tetapi untuk koneksi diperlukan perangkat tambahan serta power sendiri. Tidak semua mouse yang digunakan atas selera perseorangan sama, oleh karena itu perlu dilakukan setting mouse untuk membuat per - gerakan mouse yang sesuai denga n selera kita.

Setting mouse pada Windows dapat dilakukan dengan mengaturnya pada jendela Mouse Properties. Untuk mengatur klik kanan dan klik kiri yang d ifungsikan dapat dipilih pada bagian Buttons. Untuk mengatur gambar pointer yang digunakan dapat diatu r pada bagian Pointers, dan untuk mengatur kecepatan atau pengaturan lain pointer , pada bagian Pointers Option. Pada bagian Wheel digunakan untuk mengatur kecepatan putar scroll pada mouse. Properti mouse dapat kita lihat pada bagian tab Hardware

Mouse Pen
Perangkat masukan lainnya yang digunakan khusus untuk meng - gambar adalah Mouse Pen. Cara kerja mouse pen ini adalah layar pada monitor dianalogikan sebagai papan k otak sebagai medianya. Dan untuk menentukan point kursor digunak an alat seperti pulpen yang dikendalikan seperti layaknya menulis atau menggambar pada
sebuah kertas.

Metode masukan yang menggunakan kolaborasi media pen atau jari tangan dengan layar monit or langsung disebut dengan layar sentuh (touch screen). Pada touch screen terjadi proses masukan dan keluaran secara bersamaan dengan medianya , yaitu layar (monitor LCD).

Scanner
Scanner adalah alat inputan komputer dengan cara kerjanya , yaitu membaca gambar menggunakan sinar, kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam komputer berupa gambar. Cara kerja scanner sama dengan cara kerja mesin photocopy, tetapi perbedaannya adalah jika photo - copy hasilnya bisa langsung diperoleh , dan scanner hasilnya dimasuk - kan ke dalam komputer dahulu untuk diproses kemudian dicetak.


HARDWARE PROCESS ( CPU )
Komponen-komponen yang sangat berpengaruh dalam kinerja kom - puter ada dalam kelompok hardware proses, atau dalam istilah komputer disebut dengan istilah CPU. Pada bagian ini dilakukan semua koordinasi pengaturan, baik itu input ataupun output sehingga terbentuklah sebuah sistem komputer.

Pada CPU terdapat komponen-komponen dengan fungsinya masing - masing, antara lain motherboard sebagai papan utama komponen lainnya; Prosesor sebagai pengatur utama; RAM sebagai memori acak data; Hard disk sebagai media penyimpan; VGA sebagai pengatur video; dan masih banyak lainnya. Secara utuh , sebuah CPU merupakan
komponen yang satu kesatuan dalam suatu wadah yang disebut dengan casing. Apabila ada komponen yang seharusnya ada di dalam casing, tapi penggunaannya di luar , maka komponen tersebut disebut dengan media external.

Motherboard
Motherboard atau dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk merupakan media dasar dari berbagai komponen CPU komputer. Motherboard merupakan papan sirkuit yang dipasang berbagai kom - ponen, di antaranya Processor, RAM, VGA, Audio Card, LAN Card, dan berbagai komponen lainnya.

Untuk menaruh berbagai kartu komponen pada Motherboard , maka disediakan beberapa slot dengan jenis slot AGP dan slot PCI. Pada slot-slot tersebut yang nantinya akan ditaruh beberapa komponen berbentuk kartu, misalnya VGA Card dan Audio Card.

Memory (RAM)
Memory atau dalam istilah lain RAM ( Random Access Memory) adalah jenis media penyimpanan komputer yang dapat diakses secara acak. Artinya, urutan memory yang disimpan dapat dilakukan secara acak dan tidak berurutan, seperti halnya disk. RAM juga difungsikan sebagai memori utama (main memory) untuk menampilkan dan memanipulasi data pada saat komputer pertama dinyalakan, dan akan terhapus bila komputer mati.

Jenis-jenis RAM secara umum ada dua tipe , yaitu
SD-RAM (Synchronous Data) dan DDR-RAM (Duble Data Rate). Kapasitas RAM juga bermacam-macam seiring dengan per kembangan teknologi. Generasi pertama RAM berkapasitas antara 4MB, 8MB, 16MB, dan 32MB kemudian berkembang lagi sampai sekarang 64MB, 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, sampai dengan 2GB. Besar kapasitas RAM identik dengan kecepatan akses komputer, semakin besar ka pasitas RAM maka semakin cepat pula akses komputer.

Processor
Processor atau nama lengkapnya Microprocessor ( μP) adalah sebuah komponen yang terbuat dari transistor mini beserta sirkuit lain di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor yang bekerja sebagai inti atau otak dari komputer. CPU (Central Processing Unit) merupakan istilah asli dari Processor yang kemudian oleh sebagian orang diang - gap sebagai kesuluruhan mesin komputer.

Jenis-jenis processor yang ada di pasaran umum adalah Intel dan AMD (Advanced Micro Devices). Setiap processor juga mempunyai jenis dan kecepatan tersendiri. Misalkan untuk Intel Pe ntium 4 mempunyai kecepatan 1,7GHz, 1,8GHz, atau bahkan 2,0GHz. Atau untuk AMD Athlon, AMD Sempron.

BIOS
BIOS (Basic Input Output System) adalah program bawaan yang ada pada komputer yang fungsinya untuk mengatur semua perangkat keras komputer. Perangkat keras tersebut antara lain keyboard, hard disk, CD-ROM, dan lain-lain. Fungsi BIOS adalah menginisialisasi hardware yang akan masuk pada sistem komputer secara kes eluruhan.
BIOS biasa disebut juga dengan firmware karena merupakan bagian yang menyatu dari sistem perangkat keras. Untuk mengoperasikan BIOS, yaitu pada saat menyalakan computer pertama kali kita akan menjumpai perintah untuk masuk ke system BIOS. Perintah yang biasa digunakan , yaitu menekan tombol Del “Press Del to Enter SETUP” atau tombol lain yang diperintahkan. Tenggang waktu untuk kita masuk ke BIOS hanya diberikan beberapa detik saja, oleh karena itu bila ingin masuk ke sistem , kita harus cepat
menekan tombolnya.

HARDWARE OUTPUT
Hardware output merupakan semua perangkat komputer yang hasilnya dapat dinikmati oleh indera mata dan indera suara. Hasil dari hardware output merupakan hasil dari tahap processing oleh CPU atas
hasil inputan yang didukung oleh software. Perangkat hardware output yang bisa dilihat dengan indera mata misalnya monitor, printer , dan plotter dengan media pembacanya berupa kertas dan LCD proyektor. Kemudian yang bisa dinikmati menggunakan indera suara adalah speaker. Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat perangkat ini juga mengalami perkembangan yang sangat berarti, baik dari segi jenis maupun bentuknya.

Monitor
Seperti layaknya televisi, monitor merupakan alat keluaran dari komputer yang berperan sangat penting. Betapa tidak, karena dari monitor akan ditampilkan hasil ya ng telah diproses sebelumnya melalui komputer. Dari monitor juga kita dapat melihat pengaturan alat-alat inputan maupun outputan.

Sejarah perkembangan monitor dimulai dari adanya monitor mono - krom yang menampilkan teks yang berwarna hijau. Setelah it u, babak baru setelah adanya monokrom, muncul monitor jenis CGA dan EGA yang mampu menampilkan teks berwarna. Kemudian saat ini berlanjut dengan monitor VGA yang bukan hanya menampilkan teks tapi juga mampu menampilkan gambar berwarna. Dari monitor VGA berk embang lagi menjadi monitor SVGA yang mempunyai resolusi gambar yang tinggi.

Bentuk dan jenis monitor saat ini sangat banyak, dari mulai monitor tabung biasa, monitor flat, sampai dengan monitor plasma. Tentunya bahan yang digunakan pada layar untuk seti ap jenis-jenis monitor tersebut berbeda, yaitu ada yang berupa tabung untuk monitor biasa dan LCD (Liquid Crystal Display) untuk monitor plasma.

Printer
Printer merupakan alat keluaran dari komputer dengan hasilnya berupa tulisan ataupun gambar pada medi a kertas atau media lainnya yang mendukung. Ada tiga jenis printer yang umum digunakan oleh kebanyakan orang, yaitu printer dot metrics, printer inkjet, dan printer jenis laser.

Printer Dot Metrics, yaitu printer yang menggunakan jarum dan pita sebagai alat pencetak atau penghasil gambar dan tulisan layaknya seperti mesin ketik. Kualitas printer dot metrics ditentukan dari jumlah jarum atau pin-nya, semakin banyak jumlah pin semakin bagus hasil cetakannya. Media yang digunakan pada printer dot metrics untuk mencetak tulisan pada kertas berupa tinta yang memanjang , seperti bentuk pita pada mesin ketik.

Pada printer jenis Inkjet/Buble Jet menggunakan tinta cair sebagai sarana untuk mencetak. Cara kerjanya dengan memanasi tinta sehingga membentuk gelembung-gelembung pada ujung kepala cetak sedemikian rupa sesuai data yang dicetak dan langsung menempel pada media cetaknya (kertas). Bahan yang digunakan pada printer inkjet untuk mencetak tulisan pada kertas adalah berupa tinta basah. Dalam pengisian ulang (refill) pada tinta ini , biasanya menggunakan alat berupa suntikan atau dengan tetesan.
Bahan yang digunakan pada printer laser sama seperti buble , yaitu tinta, hanya saja pada printer laser tintanya kering dan biasa disebut dengan toner.

Prinsip kerja pada printer laser sesuai dengan nama - nya, yaitu menggunakan bantuan sinar laser. Pada printer jenis jet ini media yang digunakan untuk mencetak tulisan ke kertas adalah drum dan tonner. Drum adalah alat yang berguna untuk menggulung kertas dengan teratur , tentunya dengan koordinasi dari mesin sehingga bekerja dengan kertas satu per satu. Tonner adalah alat yang digunakan sebagai penyimpan toner seka - ligus bekerja menyemprotkannya ke kertas.

Istilah ppm (paper per minute) adalah kecepatan yang dihasilkan oleh printer jet untuk mencetak kertas. Rata-rata jenis printer jet mempunyai kecepatan 40 ppm sampai 60 ppm atau kecepatan mencetak kertas sebanyak 40 sampai 60 kertas setiap menitnya.

Plotter
Plotter merupakan alat keluaran komputer yang khusus digunakan untuk menggambar. Berbeda dengan printer, cara kerja plotter , yaitu menggambar/mencetak sesuai dengan urutan gambar atau layer. Ploter mampu menggambar dari ujung kertas satu ke ujung kertas lainnya dan kembali ke ujung semula. Jadi , pada plotter mempunyai kemungkinan terjadi penumpukan atau pengulangan pada titik yang telah di-plot sebelumnya. Plotter banyak digunakan untuk pencetakan gambar -gambar teknik, misal gambar rancang bangun atau gambar desain interior. Adapun program yang digunakan adalah program-program CAD (Computer Aided Design), contohnya AutoCAD, ArchiCAD, dan lain -lain.

CASSING DAN POWER SUPPLY
Secara fisik, komponen-komponen yang ada pada CPU te rpisah-pisah walaupun ada yang terintegrasi bersama motherbo ard, antara lain RAM, VGA, Sound Card, dan NIC. Ada juga yang memisah dengan motherboard, antara lain floppy dan drive lainnya. Komponen - komponen tersebut dipersatukan secara utuh atau dibungkus dengan benda yang disebut dengan casing.

Casing merupakan media untuk membungkus semua komponen PC menjadi satu bagian yang utuh, kecuali perangkat luar (mouse, keyboard, dan monitor). Bentuk casing ada bermacam -macam di antaranya adalah bentuk desktop, bentuk tower, dan bentuk barebone.

Power Supply merupakan alat yang berada di dalam sebuah casing yang fungsinya mengatur arus listrik yang masuk dan membaginya ke setiap komponen (motherboard, CD-ROM, dan Floppy). Besar tegangan
yang dihasilkan oleh power supply bermacam -macam di antaranya ada yang 5 v olt bahkan ada yang 12 volt, tergantung kebutuhan masing-masing komponen. Power supply ini biasanya sudah terintegrasi dengan casing.

Jenis power supply ada dua , yaitu jenis AT dan jenis ATX. Pada jenis ATX yang paling sering digunakan karena memungkinkan untuk mengatur aliran listrik yang lebih terkontrol. Terutama pada waktu komputer tidak aktif, maka power supply akan menyesuaikan dan akan aktif kembali apabila keyboard atau mouse digunakan. Begitu juga pada waktu listrik mati, maka power supply ATX tida k akan langsung hidup kembali sebelum tombol power benar -benar diaktifkan, hal ini berguna untuk mencegah kerusakan pada hardware ataupun software.

HARDWARE TAMBAHAN
Tentunya semua barang elektronik membutuhkan suatu tenaga li strik sebagai makanannya untuk dapat bekerja secara fungsional. Tenaga listrik yang dibutuhkan untuk komputer diperoleh dari sumber listrik yang kadang tidak stabil dan adakalanya terputus. Dan dari computer sendiri membutuhkan aliran yang benar -benar stabil untuk bekerja optimal.

Komputer akan mengalami kerusakan apabila tidak teratur alirannya atau terputusnya listrik tanpa melalui prosedur yang benar. Oleh karena itu, sebuah komputer memerlukan perangkat tambahan listrik, yaitu stabilizer untuk menjaga kestabilan arus listrik dan UPS yang berguna untuk menyimpan aliran listrik.

Stabilizer
Stabilizer merupakan perangkat tambahan pada komputer, yaitu sebuah perangkat elektronika yang berfungsi untuk menjaga kesta - bilan aliran listrik. Prinsip kerja perangkat ini adalah menaik kan tegangan pada saat tegangan listrik turun, dan menurunkan tegangan listrik apabila tegangan yang masuk terlalu tinggi. Penaikan atau penurunan tegangan tersebut bertujuan untuk me nghasilkan (output) listrik yang normal dipakai oleh sebuah komputer.

UPS
UPS (Uninterruptable Power Supply) pada intinya merupakan perang - kat tambahan yang difungsikan sebagai baterai. Fungsi UPS adalah menyimpan tenaga listrik dan akan mengalirkannya apabila listrik mati. Prinsip kerja UPS adalah pada saat aliran listrik hidup normal, maka UPS akan menyimpan tenaga listrik tersebut , dan setelah aliran listrik terputus, maka UPS akan menyalurkan tenaga yang telah ter -
simpan tersebut. Lama atau jangka waktu pemakaian tenaga yang tersimpan atau backup time tergantung pada kapasitas baterai, seperti 30 menit, 1 jam, atau lebihnya. Semakin besar kapasitas baterai , maka semakin lama pula

MICROSOFT OFFICE WORD 2007

MICROSOFT OFFICE WORD 2007

Microsoft Office Word 2007 adalah program aplikasi pengolah kata (word processor) dengan tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.
Buku Microsoft Office Word 2007 ini ditujukan untuk para siswa dan pemula pengguna komputer agar dapat mengenal, memahami, dan bisa memakai secara praktis program aplikasi Microsoft Word 2007.
Dalam penulisan buku ini, penulis berusaha memberikan materi, tiptrik yang terkait dengan materi, contoh kasus sederhana, dan soal latihan yang bisa diaplikasikan oleh para pembaca. Setelah mempelajari buku Microsoft Office Word 2007 ini, diharapkan pembaca dapat:

􀂃 Mengenal Microsoft Word 2007

􀂃 Mengelola Dokumen

􀂃 Memformat Karakter atau Teks

􀂃 Memformat Paragraf

􀂃 Membuat Paragraf Berbutir dan Bernomor

􀂃 Mengatur Format Halaman dan Mencetak Dokumen
Kata Pengantar
􀂃 Membuat dan Mengatur Tabel

􀂃 Menyisipkan dan Mengatur Objek

2
Memulai Word 2007
Program aplikasi Microsoft Word 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) terbaru dan tercanggih saat ini. Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada. Untuk memulai atau membuka program aplikasi Word 2007, ikuti langkah berikut ini:

Nyalakan komputer Anda, tunggu sampai computer menampilkan area kerja (desktop) Microsoft Windows XP
Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Server 2003, atau Microsoft Windows Vista. Klik tombol yang ada di taskbar. Pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.

Mengenal Ribbon Sebagai User Inteface
Baru pada Word 2007
Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti Menu, Toolbars, dan sebagian besar Task Panes yang ada di Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih
simpel dan efisien. Pengganti menu dan toolbars pada Word 2007 biasa disebut Ribbon, yang dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh Word 2007. Ribbon ini terdiri atas beberapa Tabs yang mengorganisasikan berbagai scenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Masing-masing tab terdiri atas beberapa Groups. Setiap group terdiri atas beberapa Tombol Perintah atau Command Buttons.

Jadi, Ribbon ini mempunyai fungsi dan isi yang sangat lengkap karena di dalamnya juga sudah mengandung menu, toolbars, tombol perintah (command buttons), galleries, dan kotak dialog.
Selain standard Tabs yang ada pada Ribbon, Word 2007 juga menyediakan Tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika Anda sedang memilih atau bekerja dengan objek seperti table, picture atau drawing. Semua Tab dan tombol perintah (Command Buttons) pada Ribbon selain dapat diakses menggunakan mouse, juga dapat diakses menggunakan tombol keyboard. Untuk itu ikuti langkah berikut ini: Tekan tombol Alt di keyboard. Dengan langkah ini, pada Ribbon akan ditampilkan KeyTips berupa angka atau huruf yang dapat digunakan untuk menjalankan Tab atau tombol perintah (Command Buttons).
2
Selanjutnya tekan angka atau huruf yang mewakili Tab atau tombol perintah (Command Buttons). Apabila Anda menekan huruf yang mewakili Tabs, berikutnya akan menampilkan KeyTips untuk Tab yang Anda pilih.

Mengenal Microsoft Office Button, Quick
Access Toolbar dan Dialog Box Launchers
Jendela kerja Word 2007 telah dilengkapi pula dengan Microsoft Office Button, Quick Access Toolbar, dan Dialog Box Launchers. Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja Word 2007 berfungsi untuk membuka menu. Quick Access Toolbar ditempatkan di kanan Microsoft Office Button yang berisi kumpulan tombol perintah yang relatif sering digunakan.

Dialog Box Launchers berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap Group pada masing-masing Tab. Dengan mengklik ikon Dialog Box Launcher tersebut, secara otomatis kotak dialog atau task pane yang terkait dengan Group tersebut akan dibuka.

Mengatur Konfigurasi Status Bar
Status Bar akan menampilkan berbagai informasi yang dirasakan perlu ketika Anda sedang bekerja dengan jendela kerja Word 2007.
Anda dapat mengatur konfigurasi Status Bar ini agar sesuai dengan kebutuhan, dengan cara mengklik tombol kanan mouse pada area Status Bar yang ada di bawah jendela kerja Word 2007. Dengan langkah ini, kotak dialog pemilihan isi Status Bar akan ditampilkan.

Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat Anda memulai program aplikasi Word 2007, jendela kerja secara otomatis akan menampilkan dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 dan siap Anda gunakan. Jika teks yang sedang Anda ketik melebihi atau melewati akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan titik sisip secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya (word wrap).

Gunakan tombol Enter, untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya jika Anda ingin memulai pengetikan di baris baru sebelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong, atau memulai paragraf baru.

Memindahkan Posisi Titik Sisip
Untuk memindahkan titik sisip, arahkan dan klik penunjuk mouse yang menyerupai huruf I (I-beam) pada posisi baru yang Anda inginkan. Memindahkan titik sisip menggunakan tombol keyboard:
.
Memilih atau Menyorot Teks
Apabila Anda akan menyunting atau mengatur format tampilan sekumpulan teks, biasanya Anda harus memilih (menyorot) teks tersebut terlebih dahulu.
Selection bar, berupa daerah kosong di kiri daerah pengetikan teks. satu tombol panah.

Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini:
Pilih (sorot) teks yang akan Anda salin.
Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Copy
atau tekan tombol Ctrl+C.
• Untuk melakukan pemilihan (penyorotan) beberapa teks yang letaknya terpisah-pisah, lakukan pemilihan (penyorotan) teks sambil menekan tombol Ctrl di keyboard.
• Untuk memilih seluruh isi dokumen, gunakan Tab Home, dalam Group Editing, klik Select. Pada kotak dialog yang ditampilkan, pilih dan klik Select All.
Tempatkan titik sisip di lokasi baru. Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Paste atau tekan tombol Ctrl+V.

Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini:
Pilih (sorot) teks yang akan Anda pindahkan. Pada Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Cut atau tekan tombol Ctrl+X.
Tempatkan titik sisip di lokasi baru. Pilih Tab Home, dalam Group Clipboard, klik Paste atau tekan tombol Ctrl+V.

Menggunakan Fasilitas Undo dan Redo
Jika Anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, Anda dapat membatalkan perintah yang telanjur telah diberikan tersebut. Misalnya Anda salah menghapus suatu teks, Anda dapat Anda akan lebih cepat memindahkan teks dengan cara menggeser mouse (Drag & Drop). Sedangkan bila Anda ingin menyalin teks, tekan tombol Ctrl pada saat melepas (drop) tombol mouse.
membatalkan penghapusan tersebut dengan mengklik Undo Typing yang ada di Quick Access Toolbar atau tekan tombol Ctrl+Z. Jika Anda pernah melakukan perintah Undo, maka perintah Undo tersebut dapat Anda batalkan dengan cara mengklik Redo yang ada di Quick Access Toolbar atau tekan tombol Ctrl+Y.

Mengakhiri Word 2007
Setelah Anda selesai bekerja dengan Word 2007, Anda dapat mengakhirinya menggunakan langkah berikut:
Simpan dokumen yang sudah Anda buat.Klik Microsoft Office Button , kemudian klik tombol atau klik tombol Close yang berada di pojok kanan atas jendela kerja.
4

Panduan Membuat Blog untuk Pemula

Panduan Membuat Blog untuk Pemula

Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.
Berikut ini adalah asumsi yang digunakan sebelum Anda mulai membuat blog:
• Anda sudah memiliki account e-mail.
• Anda terkoneksi dengan Internet saat mengerjakan blog.
• Anda bisa menggunakan program Notepad atau text editor lain.
• Anda paham istilah dan penggunaan copy atau paste.

Terakhir, sediakan bahan-bahan terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaannya. Misalnya foto-foto, tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya, daftar alamat blog atau situs yang hendak Anda pasang dan tentu saja, nama blog Anda kelak. Ingat, semua panduan di sini bersifat mendasar. Segala variasi dan pengembangan bisa Anda lakukan sendiri kemudian dengan sumber lain di Internwt yang sudah banyak tersedia. Jangan ragu saling kontak sesame blogger (pemilik blog), semua blogger pasti bersedia share ilmunya.

Contoh-contoh blog gratisan milik anak atau keluarga bisa Anda lihat di
http://binarnajla.blogspot.com, http://singakecil.blogspot.com,
http://blogcinta.blogspot.com, dan masih banyak lainnya.

Membuat Account
• Pertama, buka www.blogger.com. Halaman awal Blogger.com

• Kemudian klik Create Your Blog Now!. Akan muncul sebuah halaman berisi form seperti form pendaftaran e-mail. Isi semua kolom yang ada, dan klik Continue. Lengkapi semua kolom di halaman berikutnya hingga selesai. Halaman pendaftaran account Blogger.com.

• Saat pendaftaran, Anda akan diberikan pilihan beberapa pilihan template atau desain standar. Pilih salah satu dan klik Continue. Pilihan template atau desain standar Blogger.com. Setelah selesai proses pembuatan account ini, Anda bisa segera memulai posting atau mengisi blog.

Mengisi Blog
• Pertama, login www.blogger.com.

• Masukkan username serta password.

• Kemudian klik New Post untuk mengisi blog Anda. Halaman untuk memasukkan posting baru.

• Ketikkan judul dan isinya pada kolom yang tersedia, dan gunakan tombol-tombol di bagian atas kolom isi posting atau gunakan perintah tombol yang tertulis di bagian bawah kolom posting. Misalnya untuk menebalkan huruf, member link pada sebuah kata dan lain sebagainya.

• Selamat! Anda kini sudah memiliki blog.

Mengedit Desain atau Template
Setelah blog Anda selesai, mungkin Anda ingin untuk mengganti desainnya. Ada banyak template atau desain blog yang tersedia di Internet gratis. Salah satu yang hendak kita gunakan dalam modul ini adalah desain dari http://bloggertemplates.
blogspot.com/.

• Pertama, login ke www.blogger.com.

• Masukkan username serta password.

• Kemudian klik Change Setting.

• Buka http://blogger-templates.blogspot.com/ Situs yang menyediakan template atau desain gratis blog.

• Pilih desain yang Anda inginkan dengan meng-klik arsip per bulan yang ada di seblah kanan.

• Dalam hal ini kita gunakan desain Sunflower sebagai contoh.

• Klik Get the Code pada bagian bawah gambar desain Sunflower. Panduan Membuat Blog bagi Pemula – 4

• Akan muncul sebuah hlaman berisi kode desain Sunflower. Tampilan saat men-download template atau desain.

• Klik Select all pada bagian bawah kolom yang berisi kode desain tersebut.

• Kemudan klik kanan pada teks yang sudah tersorot, dan klik Copy.

• Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.

• Klik change setting, dan klik Template. Pada window yang Template terbuka ini, sorot semua yang ada di dalam kolom dan delete.

• Kemudan klik Paste, dilanjutkan dengan klik tombol berwarna oranye di bagian bawah. Halaman untuk mengubah Template pada Blogger.com.

• Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish Entire
Blog.

• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman setelah Republish Entire Blog.

• Tentukan bagian mana saja yang hendak Anda ubah. Caranya, masuk kembali ke bagian Template pada Blogger.com dan cari bagian yang hendak diganti, kemudian klik tombol oranye di bagian bawah. Jangan takut mencoba-coba. Toh, Anda bisa memulainya sejak awal dengan cepat sekarng.

Memberi Fasilitas Tag Board, Hit Counter dan Link Manager
Agar menarik, berikan beberapa fasilitas dalam blog Anda. Misalnya tag board atau papan pesan bagi pengunjung blog Anda, hit counter untuk melihat jumlah pengunjung, serta link manager untuk mengatur daftar link Contoh tag board, hit counter dan link manager. Kita akan menggunakan tag board, hit counter dan link manager dari sebuah situs yang sama untuk memudahkan penerapaannya.

Pertama, kita coba memasang tag board.

• Buka www.shouthuns.com, kemudian klik Register. Halaman awal Shouthuns.com.

• Isi semua kolom dalam form pendaftaran, dan klik tombol Register Now!

• Login ke e-mail Anda, dan buka e-mail dari Shouthuns.Com yang subject “SHOUTHUNS - Registration Detail [Don't Reply]”

E-mail notifikasi dari Shouthuns.com.
• Klik link yang tersedia di e-mail tersebut. Atau buka Shouthuns.com, kemudian klik menu Activate.

• Login ke Shouthuns.Com lagi, dan klik Shout Box di menu sebelah kiri.

• Klik Get HTML code di bagian atas.

• Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom. Mengambil kode HTML di Shouthuns.com.

• Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.

• Klik change setting, dan klik Template.

• Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari Shouthuns.com, pada bagian yang Anda kehendaki.

• Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.

• Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish. Klik tombol Republish entire blog, untuk menyimpan semua hasil editing template.

• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman
setelah Republish.

• Jika Anda hendak membalas message yang masuk, login-lah ke
www.shouthuns.com.

• Klik Tag Board di menu sebelah kiri dan pilih menu Edit & Reply di sebelah atas. Halaman untuk menjawab pesan yang masuk pada tag board Anda. Kedua, kita coba memasang hit counter.

• Buka www.shouthuns.com, dan login.

• Klik menu Hit Counter di sebelah kiri.

• lik Get HTML code di bagian atas.

• Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom.

• Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.

• Klik change setting, dan klik Template.

• Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari
Shouthuns.com di bagian yang Anda inginkan.
Setiap selesai meng-edit template atau desain, klik tombol orange ini.

• Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.

• Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish.

• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman
setelah Republish.

Ketiga, memasang link manager.

• Buka www.shouthuns.com, dan login.

• Klik menu Link Manager di sebelah kiri.

• lik Get HTML code di bagian atas.

• Pilih semua teks yang ada dengan meng-klik tomboh di bawah kolom.

• Sementara itu, buka dan login www.blogger.com di window yang lain.

• Klik change setting, dan klik Template.

• Pada window yang Template ini, paste-kan kode HTML yang diperoleh dari
Shouthuns.com di bagian ynag Anda inginkan.

• Klik tombol berwarna oranye di bagian bawah.

• Dan tunggu hingga proses upload selesai. Kemudian klik tombol Republish
.
• Lihat hasilnya dengan mengklik tombol Open in New Window pada halaman
setelah Republish.

Tag board, hit counter dan link manager bisa di-edit desainnya dengan login ke
Shouthuns.com dan memilih Setting di setiap menu.
Misalnya hendak mengedit tag board, caranya:

• Login ke Shouthuns.Com lagi, dan klik Shout Box di menu sebelah kiri.

• Klik Setting di bagian atas.

• Ubahlah bagian-bagian yang Anda inginkan. Dan klik Update Your Setting.
Halaman untuk mengedit setting.

Langkah-langkah editing ini bisa Anda lakukan untuk mengatur link manager dan
hit counter.

Meletakkan Gambar
Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh pemilik blog -terutama yang gratisanadalah
meletakkan gambar ke dalam blog. Ok, akan kita coba, tentu saja dengan
cara sederhana dan gratis.

• Pertama, buka situs www.photobucket.com.

• Klik Sign Up. Isi formulir yang tersedia hingga selesai. Halaman pendaftaran Photobucket.com.

• Photobucket kemudian akan mengirimkan kode notofikasi yang bisa Anda gunakan untuk login.

• Buka e-mail Anda untuk melihat kode aktifasi account baru di www.photobucket.com.

• Ada sebuah link yang diberikan, dan klik-lah untuk mengaktifkan account Anda tersebut. E-mail notifikasi dari Photobucket.com.

• Kemudian login ke www.photobucket.com, dan Anda akan berhadapan dengan halaman penempatan foto.

• Klik Browse dan pilih foto yang hendak Anda pasang di blog.

• Klik tombol Submit di bagian bawah tombol Browse.

• Ulangi lagi jika ada beberapa foto yang hendak Anda pasang.

• Setelah foto terpasang, pilih yang hendak Anda pasang pada blog. Sorot atau pilih tag code di bagian paling bawah foto yang hendak Anda pasang.

• Sorot tag code di bagian kemudian copy.

• Paste tag ke dalam blog Anda, bisa di bagian posting atau di template. Sesuaikan dengan keinginan Anda.

Jangan lupa, klik tombol oranye setiap selesai posting atau edit template. Khusus foto, usahakan ukuran foto tidak lebih dari 50 KB, supaya blog mudah dan cepat diakses. Jika ukuran besar, convert-lah terlebih dahulu menggunakan Photoshop atau ACDSee.

MERAKIT KOMPUTER

MERAKIT KOMPUTER

Kemampuan merakit komputer sudah menjadi keterampilan yang dibutuhkan oleh banyak pengguna komputer. Dengan hadirnya buku ini, penulis berharap bisa memenuhi tuntutan tersebut. Buku Mudah Merakit Komputer ini ditujukan untuk para siswa dan pemula pengguna komputer agar dapat mengenal dan memahami hardware komputer (perangkat keras), serta bisa merakit komputer PC (Personal Computer) sendiri. Dalam penulisan buku ini, penulis berusaha memberikan materi praktek secara praktis dan sistematis dengan dilengkapi ilustrasi gambar yang jelas. Beberapa standar hardware baru seperti LGA775, PCI Express, SATA, dan DDR2 RAM juga sudah tercakup dalam buku ini.

Setelah mempelajari buku ini siswa Mudah Merakit Komputer ini, dan diharapkan dapat:
. Memahami komputer dan prinsip kerjanya
. Memahami hardware (perangkat keras) komputer terbaru
. Mampu merakit komputer secara mandiri
. Mampu memasang jenis hardware terbaru
. Mampu menginstal sistem operasi Microsoft Windows XP

MENGENAL KOMPUTER

Komputer berasal dari bahasa Inggris, yaitu computer . Computer berarti alat untuk menghitung (compute) dan mengolah data. Komputer merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk men - jalankan tugas tertentu. Tugas apa saja yang bisa dijalankan oleh komputer berbeda-beda, tergantung pada program yang telah diinstal ke dalam komputer tersebut. Jika dalam komputer Anda sudah ada program Microsoft Word, Anda bisa mengerjakan dan membuat dokumen teks. Jika sudah ada program Winamp ataupun Windows Media Player, Anda bisa memutar file musik dan video.
Komputer dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, terutama penghitungan dan pengolahan data. Namun, saat ini komputer telah merambah dunia hiburan dan digunakan pa da berbagai bisnis mulai dari game, video, dan musik.

PERSONAL KOMPUTER
Dari waktu ke waktu, komputer terus berkembang. Dulu, computer merupakan peralatan yang mahal dan berukuran besar. Akhirnya, muncullah komputer yang lebih kecil dan dirancang untuk digunakan oleh satu orang pengguna. Komputer ini dikenal juga dengan Personal Computer dan disingkat dengan PC.
Selain PC, ada komputer yang lebih cepat dan canggih banyak dipakai untuk keperluan penelitian, pengolahan 3D, riset, bisnis, dan lain-lain. Komputer ini sering disebut dengan mainframe atau super komputer. Harganya mahal dan berukuran sangat besar .

Komputer yang mudah dibawa dan dipindahkan (mobile) disebut dengan laptop atau notebook. Sebuah komputer terdiri atas komponen-komponen fisik yang disebut dengan hardware atau perangkat keras . Hardware komputer men - cakup prosesor, RAM, keyboard, mouse, dan masih banyak lagi. Selain komponen hardware, terdapat juga komponen software atau perang - kat lunak. Software merupakan program yang digun akan untuk mengontrol fungsi komputer.
Personal Computer (PC) dikembangkan dengan standar terbuka sehingga banyak sekali perusahaan yang membuat perangkat kerasnya. Setiap jenis perangkat keras bisa dibuat oleh perusahaan yang berbeda. Namun, karena dikembangkan dengan standar yang sama, komponen perangkat keras tersebut tetap bisa dipakai.

Jika Anda mengamati komputer dari luar saja, perangkat keras yang akan tampak antara lain:
Monitor, digunakan sebagai layar untuk menampilkan program dan data yang sedang diproses.

Keyboard, digunakan untuk mengetik dan memberi perintah pada komputer.

Mouse, digunakan sebagai pointing device untuk mengklik menu dan tombol yang ditampilkan pada monitor .
Casing, di dalamnya berisi banyak perangkat keras lainnya yang digunakan dalam pemrosesan. Ada banyak hardware yang dipasang dalam casing, seperti prosesor, mainboard, RAM, hard disk drive, CD/DVD drive, dan lain-lain.
Casing dan semua komponen di dalamnya dapat disebut dengan system unit (sistem unit). Sistem unit memegang peranan penting karena merupakan pemro ses yang mendapatkan masukan (in put) dan perintah dari pemakai untuk diolah sesuai kebutuhan. Selain komponen di atas (monitor, keyboard, mouse, dan casing), mungkin Anda akan menemui komponen lain, seperti speaker, printer,
dan scanner.

Speaker, merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menghasilkan suara.

Printer, digunakan untuk mencetak data ke dalam dokumen kertas.

Scanner, digunakan untuk memindai gambar dan tul isan. Tulisan dan gambar yang telah dipindai ( di-scan) akan dibaca komputer dalam bentuk file data.

HARDWARE DAN CASSING
Jika Anda membuka casing, maka di dalamnya bisa dilihat berbagai
jenis hardware yang telah terpasang. Komponen yang telah terpasang dalam setiap komputer bisa berbeda -beda. Misalnya pada satu komputer terdapat DVD drive, sedangkan pada komputer yang lain tidak ada. Dengan tidak adanya DVD drive, komputer tersebut tidak bisa digunakan untuk membac a keping DVD.
Berikut contoh komponen pada casing yang tutup sampingnya telah dibuka.

Berikut contoh komponen pada casing

Power Supply, merupakan komponen pengolah listrik. Power supply mengubah arus listrik bolak -balik (AC) menjadi listrik searah (DC). Power supply akan mendistribusikan arus listrik ke komponen-komponen hardware lainnya seperti
motherboard, hard disk drive, optical drive (CD/DVD), dan lain-lain.

Optical Drive, merupakan pembaca media penyimpanan optik seperti keping CD dan DVD.

Drive Cage, digunakan sebagai tempat memasang hard disk drive dan floppy disk drive jika ada.

Hard disk, merupakan tempat penyimpanan file, di mana semua data dan program akan disimpan. Dalam hard disk inilah program sistem operasi komputer disimpan.

Mainboard atau Motherboard, merupakan komponen utama berupa sirkuit elektronik yang berukuran paling besar. Dalam motherboard inilah komponen hardware seperti prosesor, RAM, dan lain-lain akan dipasang.

Fan Cage, di dalamnya berisi kipas angin yang dipakai untuk mengurangi panas dalam casing . Panas dalam casing ditimbulkan karena bekerjanya hardware , seperti prosesor, power supply, kartu video, hard disk, dan motherboard.

Prosesor, merupakan otak komputer yang melaksanakan (mengeksekusi) perintah seperti melakukan pengolahan data dan penghitungan.

Chipset motherboard, merupakan chipset yang sudah dipasang dalam mainboard. Chipset menentukan kemampuan mainboard, seperti fasilitas baru yang didukung, jenis prosesor yang bisa dipasang, dan lain-lain.

RAM, merupakan memori yang dipakai untuk menyimpan data sementara. RAM komputer mempercepat aliran data
antara prosesor dengan media penyimpanan seperti hard disk, CD, DVD, dan lain-lain.

Kipas casing, kipas yang terdapat dalam c asing dan berfungsi menurunkan suhu di dalam casing agar tidak terlalu panas.

Kartu ekspansi, komponen hardware yang mempunyai fungsi tertentu dan dipasang melalui slot ekspansi pada motherboard. Terdapat beberapa jenis slot ekspansi , seperti PCI, AGP, PCI Express, dan lain-lain.

Kabel IDE, kabel yang digunakan untuk menghubungkan CD/DVD drive ataupun hard disk PATA ke dalam mother - board.

KOMPONEN MOTHERBOARD

Berikut komponen-komponen penting dalam motherboard.

Soket 478, merupakan soket yang digunakan pada prosesor Intel Pentium 4 dan Intel Celeron. Sangkar yang digunakan untuk menancapkan heatsink dan fan (kipas) ke atas prosesor.

Slot memori DDR RAM. Digunakan untuk menancapkan keping memori jenis DDR RAM.

Chipset motherboard North Bridge, berfungsi untuk mengatur aliran data kecepatan tinggi, terutama pada prosesor (CPU), RAM, dan kartu video.

Chipset motherboard South Bridge, berfungsi untuk mengatur aliran data kecepatan rendah, terutama pada IDE, DMA,

PCI, dan port-port seperti port paralel dan serial.

Konektor IDE untuk menghubungkan motherboard dengan hard disk PATA ataupun CD/DVD drive.

Konektor floppy disk untuk menghubungkan motherboard dengan floppy disk drive.

Slot AGP 8x, digunakan untuk memasang kartu video tipe AGP.

Slot PCI, digunakan untuk menancapkan berbagai jenis kartu ekspansi PCI.

Konektor untuk back panel. Meru pakan kumpulan port seperti USB, mouse, keyboard, dan lain-lain.

Konektor power ATX 20 pin yang digunakan untuk men - dapatkan supply listrik dari power supply ATX.

Konektor power tambahan yang diperlukan oleh mother - board. Konektor ini juga harus dihubungkan dengan power supply agar komputer menyala.

Baterai BIOS, digunakan untuk memberi supply listrik pada BIOS.

Lobang yang digunakan untuk menancapkan sekrup sehing - ga motherboard bisa terpasang pada casing.

Bisa jadi komponen dalam motherboard berbeda -beda. Anda bias mengetahui karakteristik dan komponen dari motherboard secara detail dengan cara mempelajari buku manual yang disertakan dalam kardus motherboard.

Berikut contoh motherboard lain yang lebih baru sehingga mempunyai standar berbeda.

Soket LGA775, di bagian luar terdapat pelindung agar pin - pin di dalam soket tidak rusak. Soket LGA775 digunakan pada prosesor Intel Pentium 4 terbaru.

Slot memori DDR SDRAM, pada motherboard ini terdapat 4 buah.

Slot memori DDR2 SDRAM, pada motherboard ini terdapat 2 buah.

Slot PCI Express (PCIe) x16, digunakan untuk menancapkan kartu video. Slot PCI Express merupakan penerus slot AGP.

Slot PCI Express x1, digunakan untuk menancapkan peranti dengan antarmuka PCI Express x1.

Konektor SATA, digunakan untuk menghubungkan mother - board dengan hard disk SATA. Pada motherboard ini terdapat 4 buah.

Konektor power ATX 24 pin atau dikenal juga dengan EATX. Jumlah pin lebih banyak daripada ATX yang hanya 20 pin.

Motherboard ATX 24 sebaiknya juga dihubungkan dengan power supply dengan 24 pin. Namu n, pada kebanyakan kasus, power supply dengan 20 pin juga masih bisa digu - nakan.

Konektor power tambahan. Digunakan untuk menambahkan supply listrik dalam motherboard.

Kumpulan konektor untuk casing bagian depan. Seperti Anda ketahui, di bagian depan casing biasanya disediakan fasilitas seperti USB, tombol power, tombol reset, dan lain-lain. Nah, untuk mengaktifkan fasilitas tersebut , casing harus dihubungkan dengan kumpulan konektor ini dengan kabel yang sudah disediakan pada casing.


PORT DI BELAKANG CASSING
Jika Anda melihat di bagian belakang casing, akan tampak beberapa port yang digunakan untuk menghubungkan dengan peralatan lain. Pada bagian belakang, Anda bisa melihat berbagai port yang nantinya akan dihubungkan dengan komponen lain.

Port power input, terletak pada bagian power supply. Port ini digunakan untuk menancapkan kabel power komputer.
Kabel power komputer menghubungkan komputer dengan colokan listrik.

Port power output, terletak pada bagian power supply. Port ini bisa dipakai sebagai sumber listrik bagi peralatan lain, misalnya monitor.

Kipas casing, berfungsi untuk mendinginkan suhu di dalam power supply dan casing.

Port keyboard, terletak pada mainboard. Port ini digunakan untuk menancapkan kabel keyboard.

Port mouse, terletak pada mainboard. Port ini digunakan untuk menancapkan kabel mouse.

Port serial, dipakai untuk menghubungkan komputer dengan peralatan yang menggunakan antar muka serial, misalnya joystick. Port serial ini mulai jarang dipakai dan sudah diganti dengan USB.

Port VGA, terletak pada kartu video. Port ini digunakan untuk menghubungkan antara komputer dengan monitor.

Port parallel, digunakan untuk menghubungkan computer dengan peralatan yang menggunakan interface paralel, seperti printer. Port paralel ini mulai jarang dipakai dan sudah banyak diganti dengan USB.

Port USB, terletak pada mainboard. P ort ini dipakai untuk menancapkan semua peralatan yang mendukung interface (antarmuka) USB. Banyak sekali alat yang bisa dihubungkan dengan port USB (Universal Serial Bus) ini, misalnya kamera digital, printer, scanner, hand phone, card reader, dan lainlain.

Port RJ 45, berfungsi untuk menghubungkan computer dengan jaringan komputer yang melalui kabel UTP.

Port yang berhubungan dengan suara, dan biasanya terdiri atas tiga port atau lebih.
Line Out, digunakan untuk menghubungkan computer dengan speaker ataupun head phone. Biasanya berwarna hijau.
Line in, digunakan untuk memasukkan suara, misalnya dari tv tuner. Biasanya berwarna biru.
Mikrofon, digunakan untuk memasukkan suara dari mikrofon. Biasanya berwarna merah muda.

Di dalamnya terpasang kipas casing. Jika belum ada, Anda bisa menambahkan kipas sendiri lalu dihubungkan dengan power supply.

Slot yang disediakan untuk menambahkan kartu ekspansi , seperti kartu video, kartu suara, tv tuner, dan lain-lain.

KOMPONEN – KOMPONEN DALAM KOMPUTER
Berdasarkan fungsinya, komponen komputer bisa dibagi menjadi lima kategori yaitu input, output, pemroses, memori kerja, dan memori penyimpanan.

Input, merupakan penerima perintah dan data. Dengan adanya input device ini, komputer menjadi tahu perintah yang diberikan dan data yang akan diolah. Input device terdiri atas keyboard, mouse, dan scanner.

Pemroses (processor), merupakan penghitung dan pengolah data.

Output, mengeluarkan hasil pengolahan data ke dalam bentuk yang diinginkan. Output device terdiri atas monitor, printer, dan speaker.

Memori kerja, merupakan memori yang d igunakan untuk menyimpan data sementara . Memori kerja antara lain RAM dan cache. Sifat dari memori kerja adalah datanya akan hilang jika tidak ada listrik yang mengalir (listrik padam).

Memori penyimpanan, merupakan media yang digunakan untuk menyimpan data. Media memori penyimpanan antara lain hard disk, keping CD, keping DVD, flash disk, dan disket. Pada media penyimpanan, data tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.


CARA KERJA KOMPUTER
Ketika komputer dinyalakan, program bernama BIOS akan dijalankan. Setelah itu, BIOS akan berusaha mendeteksi dan mengetes komponen-komponen komputer apa saja yang dipasang. Jika berhasil, BIOS akan mencari sistem operasi pada komputer. Jika berhasil ditemukan, sistem operasi yang telah dii nstal akan dijalankan.
1
Untuk dapat melakukan boot , Anda harus menyiapkan media yang dapat di-booting lalu pasang pada komputer .
Media yang bisa dibooting merupakan media penyimpanan (hard disk, disket, CD, DVD, dan USB disk) yang berisi sistem operasi atau pun installer sistem operasi.

Untuk menyalakan komputer, Anda hanya perlu melakukan dua
langkah berikut:

Pastikan komputer telah dialiri listrik. Jika belum, tancapkan kabel power dari komputer ke dalam colokan listrik. Jika komputer dilengkapi dengan UPS dan stavolt ( stabilizer), pastikan untuk menyalakan dulu perangkat tersebut.

2. Nyalakan komputer dengan memencet tombol power casing.
B
Untuk mematikan kompute r, Anda dapat mengikuti salah satu langkah
berikut:

Jika sudah ada sistem operasi, matikan lewat sistem operasi tersebut. Misalnya untuk Windows XP, klik pada tombol Start lalu pilih Turn Off Computer.
Pada kotak dialog yang muncul, klik lagi tombol Turn Off. Jika pada komputer tidak ada sistem operasi yang dija - lankan, Anda bisa langsung mematikan dengan memencet tombol power pada casing lalu tahan hingga komputer mati.